Selamat Datang Menyongsong Masa Depan!

Ekstrakulikuler Hidroponik

Pengenalan lingkungan lam memang haru dimulai sejak dini, Ini juga yang menjadi semangat anak-anak SMP 1 Garung untuk lebih mencintai lingkungan mereka terutama lingkungan sekolah. Banyak sekali hal yang bisa di lakukan agar lingkungan tetap terjaga. Melihat akhi-akhir ini bumi kita tercinta mulai kehabisan udara segar dan bersih untuk itu diperlukan sekali lingkungan hijau dan terbuka, namun yang disayngkan ruang tanam di jamin modern ini makin hari makin sempit berkurang kareana adanya pembangunan pemukiman penduduk, perkantoran, dan saran fasilatas lainny sebagi penunjang kebutuhan manusia.
Untuk itu SMP 1 Garung mulai mengenalkan kegiatan Hidroponik pada anak-anak. hal ini tentu menjadi hal yang positif karena antusias anak-anak juga cukup banyak untuk berperan dalam menjaga lingkungan yang sehat. Hidroponik di kenalkan mengingat sudah mulai habi ruang tanam untuk tanaman sehingga muncullah ide atau metode tanaman tanpa menggunakan tanah. Tanah yang pada dasarnya adalah media utama tanam, digantikan dengan media lain untuk menanamnya. Seperti arang sekam, rockwool, spons/busa, pasir kerikil dan lain-lain sebagai media utama untuk menanam pengganti tanah. Selain tidak membutuhkan ruang yang banyak penggunaan metode hidroponik juga bisa menghasilkan tanaman yang tak kalah kualitasnya dengan yang menggunakan media tanah.
Hal tersebut sudah dibuktikan oleh anak-anak yang sudah tergabung dengan ekstrakulikuler hidroponik. Tidak hanya membuat media-media tanam hidroponik, tetapi mereka juga berlatih menjual hasil dari tanaman hidroponik mereka di kalangan sendiri, Selain kegiatan tersebut mereka dilatih untuk peduli lingkungan dengan membuat lubang biopori, dimana fungsiny untuk penyerapan air ke tanah ketika terjadi genangan air bisa terserap dengan baik oleh tanah. berikut beberapa kegiatan yang menggambarkan mereka:



Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

SMP 1 GARUNG
" TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG TAQWA. BERAKHLAK MULIA, BERPRESTAS, TERAMPIL SERTA BERWAWASAN KONSERVASI "
SEMANGAT BELAJAR, DITENGAH PANDEMI COVID19 KLIK UNDUH INFO KELULUSAN
 
Support : dzulcyber.com | mraufablog
Copyright © 2015. smp negeri 1 garung - All Rights Reserved
Admin by mraufa dan team IT Spensaga
Proudly powered by Blogger